tabsrecent(blogpost)/Politik,Beritanya,Kejadian,INTERMEZO

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Dalam kasus debat pilgub dan masalah umum DKI memang pembangunan yang melibatkan pengusuran menjadi topik utama para pasangan calon gubernur untuk dapat mengambil simpati masyarakat dengan mengeluarkan jawaban terbaik mereka terkait dengan kasus penggusuran dan kasus pembangunan kota Jakarta, nah dari hasil debat kemarin, ini adalah pendapat LIPI terkait dengan penggusuran dan pembagunan.

Peneliti di Pusat Peneliti Kemasyarakatan dan Kebudayaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Henny Warsilah, menilai, tidak mungkin membangun Jakarta tanpa menggusur.

Ia menyampaikan hal itu terkait pernyataan calon gubernur nomor pemilihan satu dalam debat cagub-cawagub yang digelar KPU DKI Jakarta. Cagub tersebut mengaku punya rencana membangun Jakarta tanpa menggusur.

"Debat pertama itu menarik buat saya. Tim satu itu berbicara tentang konsep membangun tanpa menggusur, saya rasa itu tidak mungkin ya," kata Henny, dalam jumpa pers bersama Aliansi Masyarakat Sipil untuk Konstitusi (AMSIK), di sebuah restoran di Jalan Cikini 1, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (20/1/2017).

Dalam acara ini, AMSIK menuntut agar cagub nomor dua, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, tidak ditahan.

Dia lantas mencontohkan warga Bandar Baru, Kampung Gempol, Kampung Gunung Sahari, dan Kampung Pademangan, yang pernah digusur.

Mereka kemudian dibuatkan rusun di Bandar Baru, Kota Kemayoran. Penggusuran itu dilakukan untuk memindahkan warga ke tempat yang lebih baik.

Warga eks sejumlah kampung itu sebelumnya menempati pinggiran sungai dan rel kereta api. Warga itu digusur lalu direlokasi ke Bandar Baru Kemayoran. Henny mengaku pernah terlibat dalam konsep membuat rumah susunnya.

Dibuatlah rumah susun ala perkampungan yang di sejumlah lantainya terdapat tempat pertemuan, ruang cuci atau masak, ruang publik yang terdapat sarana olahraga, TK, masjid, dan lain-lain.

"Masyarakat tegusur happy-happy saja. Tidak mungkin tinggal di bantaran kali atau hidup di jalur kereta, membahayakan dirinya dan tidak sehat. Jadi ketika dia dipindah, it's okay. Karena sebelumnya pun dia mengontrak," ujar Henny.

Ia berharap, ketika merelokasi, pemerintah memperhatikan tiga hal, yaitu struktur, kultur, dan proses interaksi sosial.

Definisi membangun tanpa menggusur "versi" Henny yaitu memindahkan warga tidak jauh dari tempatnya semula.

Masyarakat diajak berpartisipasi dalam pembangunan dan menentukan masa depannya kelak setelah direlokasi.

Tiga hal ini dinilainya sudah berjalan pada masa Joko Widodo (Jokowi) jadi Gubernur DKI. Jokowi, lanjut dia, kerap mengajak warga berdialog sebelum merelokasi.

"Dia (Jokowi) pernah melakukan 54 kali pertemuan di Balai Kota hanya untuk menggusur 2.000 kaki lima," ujar Henny.

Pada dua periode kepemimpinan di Jakarta, yakni pada masa Jokowi dan Ahok, ia melihat masyarakat kampung terlibat proses pembangunan.

Namun, ia berpesan ke depan Ahok untuk memperhatikan tiga hal tadi jika akan merelokasi.

"Kedepan Pak Ahok ketika akan merelokasi zona yang berbahaya seperti, pinggiran sungai, kereta api, itu dilakukan dengan tiga hal tadi, ada strukur, kultur, dan proses interaksi sosial," ujar dia.[kmp]

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Tampaknya ancaman Novel Bamukmin untuk laporkan Kubu Ahok dan minta perlindungan hukum ke LPSK belum juga dilakukan, hal ini sampai sampai diumumkan oleh LPSk yang sampai tulisan ini dituliskan di detik belum juga menerima laporan dari Novel Bamukmin,



Sekjen Dewan Syuro DPD FPI DKI Novel Chaidir Bamukmin akan mengajukan permohonan perlindungan ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) karena mengaku diteror usai hadir sebagai saksi pelapor dalam sidang kasus Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). LPSK menunggu laporan Novel.
[ads-post]
"Kita tunggu kapan yang bersangkutan mau ke LPSK. Nanti bisa menyampaikan apa permasalahan yang dihadapi," ungkap Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai saat berbincang dengan detikcom, Jumat (20/1/2017).

Setelah Novel melapor nanti, LPSK akan mengkroscek laporannya itu terlebih dahulu. Bagaimana bentuk ancaman yang didapat oleh saksi dalam persidangan kasus penistaan agama yang menjerat Ahok itu.

"Intimidasi dan tekanan yang ditujukan kepadanya seperti apa. Dilakukan dalam kerangka apa? Setiap permohonan perlindungan, apakah memenuhi persyaratan sesuai UU atau tidak. Dilihat dulu duduk perkaranya," ucap Haris.

Tidak semua laporan kepada LPSK akan diterima karena unsur pelaporan harus memenuhi syarat untuk mendapat perlindungan. Namun Haris menyebut semua orang bisa melapor ke lembaga yang dipimpinnya.

"Itu hak setiap orang, saksi atau korban yang merasa terancam, akibat seperti kesaksian yang dia berikan. Kalau memenuhi syarat kita berikan perlindungan sesuai UU," jelasnya.

LPSK membutuhkan data yang akurat, sehingga pengecekan ulang akan dilakukan sebelum memutuskan memberikan perlindungan. Bentuk perlindungan yang diberikan pun sesuai dengan kategori ancaman yang diterima.

"Harus dicek ulang, karena butuh data yang akurat. Lalu dia posisi saksi terancam seperti apa? Masuk kategori ancaman atau tidak? Berat tidaknya ancaman perlu dipelajari," terang Haris.

"Akan disesuaikan dengan bentuk perlindungan yang akan diberikan. Ada yang bentuk fisik, pengamanan, dan perlindungan hukum juga. Sesuai dengan haknya, tergantung pertama kita lihat sebagai saksi, korban atau pelapor," imbuhnya.

Untuk itu, LPSK masih menunggu kehadiran Novel. Baru kemudian melakukan kajian untuk menentukan pengaduannya diterima atau tidak.

"Kita tunggu kehadirannya," kata Haris.

Sebelumnya Novel menyatakan ingin mengadu ke LPSK karena mendapat banyak teror usai menjadi saksi di sidang kasus Ahok. Rencananya ia akan datang ke LPSK pada Senin (23/1) mendatang dengan membawa bukti teror dan intimidasi.

"Teror bertubi-tubi. Saya melihat, begitu saya duduk di persidangan. Dari situ, BAP saya kan dipegang penasihat hukum Ahok. Hari itu juga saya langsung dapat teror. Ada SMS, telepon, WhatsApp," tutur Novel saat dihubungi detikcom, Jumat (20/1).

Novel menjelaskan kronologi terjadinya teror tersebut. Ia mengatakan pada BAP tertera nomor handphone-nya dan dipegang oleh tim pengacara Ahok. Setelah itu, Novel mengaku mendapat teror hingga Kamis (19/1) malam.

"Ada teror bercanda, kayak Fitsa Hats-lah. Ada kata-kata kasar. Teror nggak berhenti-berhenti. Ini penyerangan sistematis yang direncanakan. Nggak mungkin orang kita sendiri (yang melakukan teror). Yang jelas kata-kata itu dari pihak lawan," ujarnya. [dtk]

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Menanggapi fitnah terhadap pecalang yang dilontarkan oleh sang Jubir FPI Munarman, tampaknya kali ini NU Bali kembali melakukan aksi untuk sekedar mengingatkan pemerintah dan mendesak agar proses pembubaran FPi dipercepat dan proses hukum Munarman juga dipercepat



Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Denpasar mengecam fitnah yang dilontarkan Juru Bicara FPI Munarman dalam video di Youtube. Mereka pun mengecam ucapan Munarman itu dan menolak keberadaan FPI di Bali.
[ads-post]
Hal itu disampaikan oleh perwakilan dari PCNU Denpasar M Rifa'i dan didampingi Ketua Panitia Tabligh Akbar 'Gema Bershalawat', Choiron Ubaidillah, di Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali, Jumat (20/1/2017) malam.

Tabligh Akbar yang akan diselenggarakan pada Sabtu (21/1) malam itu akan dihadiri oleh lebih dari 2.000 orang. Pengamanan acara akan dibantu oleh 25 pecalang.

"Kita lagi memantau sekaligus membantu pembuatan tenda. Yang kita lakukan ini bertujuan berdoa bersama agar kerukunan beragama di Bali terus terjalin harmonis," kata Rifa'i di lokasi persiapan.

Tabligh akbar ini diselenggarakan Majelis Rotib Miftahul Hidayah al-Hamidayah Denpasar. Acara akan dimpin oleh Habib Syekh Bin Abdul Qodir Assegaf dari Solo, Jawa Tengah.

"Kegiatan ini sudah berkoordinasi dengan Polda Bali dan akan melibatkan pecalang," ujar Rifa'i.

Kegiatan tersebut juga akan menegaskan sikap NU di Bali yang menolak keberadaan FPI.

"Kita menolak FPI masuk Bali. Menolak tegas tindakan FPI yang cenderung melakukan tindakan kekerasan, upaya intoleransi dan memecahbelah kebhinnekaan Indonesia," ucap Rifa'i.

"Kita meminta FPI untuk tidak ikut campur kerukunan antar-umat beragama yang sudah terjalin baik dan harmonis di Bali," tambahnya.

Video yang dimaksud berjudul 'FPI Datangi & Tegur Kompas Terkait Framing Berita Anti Syariat', yang diunggah pada 17 Juni 2016 oleh Markaz Syariah. Munarman dalam video itu menuding pecalang melarang salat Jumat dan melempari rumah warga. Video ini yang menjadi salah satu barang bukti pelaporan Munarman di Polda Bali.[dtk]

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Tampaknya polmark mengeluarkan hasil survey yang cukup aneh dan layak diperhatikan, pasalnya hasil survey ini menurut sebagian orang adalah kontroversial dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan orang orang, nah terlepas dari hal itu mari kita lihat dan simak bagaimana polmark menjelaskan hasil survei terbarunya yang menaruh Anies pada posisi tertinggi itu, padahal jelas jelas dalam debat posisi anies adalah yang terbawah diperbincangkan di media massa.



CEO Politic Marketing, atau Polmark Indonesia Eep Saefulloh Fatah mengatakan, perkara dugaan penistaan agama yang menjerat Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok menjadi arus politik yang berkembang saat ini. Apalagi, jelang pilgub DKI yang digelar pada 15 Febuari 2017.
Dalam surveinya, sebanyak 94,2 persen masyarakat Jakarta mengetahui perkara tersebut. Sementara itu, 5,5 persen menjawab tidak tahu dan 0,3 persen tidak menjawab.
[ads-post]
"Saya kira, faktor yang terbesar di Jakarta, adalah arus politik yang tidak bisa ditahan oleh siapapun, yaitu kasus penistaan agama," kata Eep di Jakarta, Kamis 19 Januari 2016.

Kemudian, saat responden ditanya pendapatnya tentang apakah Ahok melakukan penistaan agama sebagaimana yang dituduhkan, hasilnya 72,1 persen menjawab Ahok menistakan agama. Sementara itu, sebanyak 26,6 persen menyatakan Ahok tidak menistakan agama dan 1,3 persen tidak menjawab.

Menurut Eep, faktor primodialisme dalam konteks agama sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Hanya saja, apabila menyentuh secara spesifik maka dampaknya akan begitu terasa.

"Faktor primordialisme dalam kaitan ini menyentuh aspek yang elementer. Jadi, kalau sekedar agama saja itu terlalu umum. Tetapi, ketika menyangkut Alquran, menyangkut penistaan yang sangat spesifik, ternyata orang punya keterikatan emosional yang amat sangat kuat," katanya.

Eep menambahkan, hal tersebut menjadi pembelajaran penting bagi para pemimpin bahwa komunikasi politik musti dikelola dengan baik.

Polmark Indonesia melakukan survei pada rentang waktu 6 sampai 12 Januari 2017 dengan 1.200 responden. Sebaran responden ada di 120 kelurahan yang secara random yang ada di Jakarta. Adapun metode yang digunakan adalah multistage randow sampling dengan margin error 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. (viva)

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Soal Penyelesaian dengan jalur kekeluargaan Kapolri ternyata menolak dengan isyarat seluruh permohonan FPI khususnya oleh Habib Rizieq Shihab. simak bagaimana kapolri menjelaskannya dan mengapa kapolri melakukan hal itu.

rizieqend - habib rizieq bentar lagi masuk bui

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengisyaratkan menolak permintaan pimpinan Front Pembela Islam, Rizieq Shihab, agar kasus-kasus yang tengah membelitnya diselesaikan secara kekeluargaan. Kasus-kasus yang tengah dihadapi seperti penodaan agama dan penistaan Pancasila.
[ads-post]
Tito mengatakan, ia belum menerima langsung keinginan Rizieq agar diselesaikan secara kekeluargaan. Namun, penyelesaian secara kekeluargaan bisa dilakukan, asal pelapor berkeinginan juga.

"Tergantung pelapornya, apakah mau diteruskan atau tidak. Tapi, ini kan sebetulnya bukan tindak pidana aduan ya. Artinya, polisi bisa jalan terus. Tapi, ada yang namanyarestorative justice. Kalau dalam kasus-kasus yang ringan pelapor menyatakan selesai, ya selesai," jelas Tito di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Kamis 19 Januari 2017.

Hanya, menurut dia, biasanya jalur damai bisa dilakukan dalam kasus yang kecil. Sementara, kasus-kasus yang menyeret Rizieq Shihab ini terbilang besar, karena dilaporkan di banyak daerah.

"Ini kan sensitif. Kalau dilihat, bahwa penolakan massa dan suara publik mengenai Pancasila ini kan kita lihat ada di mana-mana. Bukan hanya di Jawa Barat. Saya dengar, ada di Kalimantan, Sulawesi. Di Bali lain kasusnya. Di NTT, di Papua, suaranya sangat banyak sekali," jelasnya.


Atas laporan-laporan itu, penyelidikan bisa terus dilakukan. Karena, memang banyak suara publik yang menginginkan proses hukum tetap dilakukan. "Kami mendengar suara publik juga," ungkapnya.

Sekadar informasi, Rizieq meminta kepada polisi agar perkara yang membelitnya diselesaikan secara kekeluargaan. Perkara yang dimaksud adalah semua kasus yang sudah dilaporkan ke polisi.

Rizieq juga pernah mengatakan, ia siap membuka ruang dialog dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarno Putri. Meskipun, kata Rizieq, dari hasil video ceramah, Megawati diduga menistakan agama dan suku bangsa.

"Alangkah baiknya didialogkan secara kekeluargaan. Mungkin kami yang salah paham pidatonya Bu Mega, ya kami minta maaf. Tapi, andai kata Bu Mega yang salah ucap, ya harus ada klarifikasi. Kan bagus begitu," kata Rizieq. (viva)

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Tampaknya Ahok sudah bersiap siap dan memberikan semangat kepada anak-anaknya bagaimana harus menghadapi masalah yang mendera Ayahnya itu, dan tanggapan serta solusi yang diberikan oleh Ahok justru membuat sebagian orang tambah bangga saja



Terdakwa kasus penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengaku telah berpesan kepada tiga anaknya jika dirinya kalah di persidangan kemudian menjalani hukuman sesuai dakwaan.
[ads-post]
"Saya sampaikan ke anak-anak, harus bangga. Bapaknya ini bukan dipenjara karena korupsi, tapi karena fitnah politik," ujar Ahok dalam acara bedah buku bersama pendukung di Hotel Sultan Jakarta, hari ini.

Dalam perkara tersebut, Ahok diancam pasal 156 dan 156 a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang penistaan agama dengan ancaman hukuman penjara selama lima tahun. Sidang Ahok diperkirakan bergulir panjang sebab begitu banyak saksi yang akan dimintai keterangan, sebelum hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan vonis atas pernyataanya mengutip Al Quran Surat Al Maidah ayat 51 di Kepulauan Seribu pada 27 September lalu.

Ahok menjelaskan, bukan persoalan besar bagi dirinya jika kenyataanya Pengadilan Jakarta Utara memvonis dirinya bersalah. Dia meyakini hal itu akan menjadi sejarah untuk menentukan arah dan tujuan negara ini. Dia mengaku akan bersyukur karena telah dipilih Tuhan menjadi tokoh sentral untuk membuat sejarah itu.

"Suka enggak suka, saya jadi pemeran utama untuk menentukan negeri ini mau kemana. Ahok ini batu ujian buat negara ini," kata Ahok.

"Saya bilang sama anak saya, Bapakmu ini yang akan menentukan rumah Pancasila mau dibangun atau enggak," kata Ahok.[rim]

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Meski banyak kasus yang mendera dan menjerat Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab, tampaknya hal itu tidak memudarkan semangatnya untuk terus mengobarkan genderang perang terhadap pemerintah dan terus menerus menyoraki pemerintah bahwa PKI itu ada dan pemerintah itu telah bohongi rakyat !! - simak bagaimana dirinya mengucapkan hal itu menjadi topik utama dalam pidatonya.




Imam besar FPI Habib Rizieq Shihab menyebut perjuangan Partai Komunis Indonesia (PKI) telah bangkit di Indonesia dan mengklaim memiliki bukti tentang hal itu.
[ads-post]
"Jadi kalau pemerintah bilang enggak mungkin, dusta dan bohong. Saya punya 30 bukti valid PKI telah bangkit di NKRI," ujar Rizieq dalam diskusi 'Kedaulatan NKRI Tanggung Jawab Kita Semua' di Gedung Joeang 45, Menteng, Jakarta Pusat, hari ini.

Habib Rizieq pekan depan dipanggil penyidik Polda Metro Jaya terkait ucapannya menyebut ada logo palu arit dalam pecahan uang rupiah baru. Rizieq dilaporkan elompok Solidaritas Merah Putih (Solmet) dan Jaringan Intelektual Muda Anti-Fitnah (JIMAF) karena dinilai menebar ujaran kebencian tentang logo palu-arit dalam uang rupiah baru.

Rizieq menjelaskan, ke-30 bukti itu pernah disampaikan dalam simposium bertema PKI beberapa waktu lalu. Dia karena itu menyatakan siap untuk menghadapi pemanggilan polisi terkait pernyataannya, ada lambang PKI dalam uang kertas yang diterbitkan Bank Indonesia.

Dedengkot FPI itu mengingatkan kepada semua orang yang hadir dalam diskusi tersebut untuk bersama waspada akan kehadiran PKI di negeri ini.

"Kita harus waspada, tingkatkan kebersamaan, jangan kasih celah PKI. Siap ganyang PKI? Habisi PKI, takbir," ungkap Rizieq disambut riuh takbir pesert diskusi yang hadir.

Harusnya, sambung dia, pemerintah dan Kepolisian menangkap sinyal positif dan segera mengantisipasi adanya indikasi kehadiran PKI tersebut.

"Tapi bukannya penangkap (sinyal positif), justru muncul Ormas-Ormas bentukan Polri untuk memfitnah saya. Takbir, kita ganyang PKI," ungkap Rizieq.[rim]

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Akibat cuitan SBY yang prihatin akan kondisi Indonesia mengenai adanya Hoax ternyata menjadi masalah sendiri bagi 2 orang yaitu pendiri tempo dan stafsus Demokrat, karena mereka berdua terlibat dan mengetahui betul berita berita hoax, khususnya berita berita tentang obor rakyat !!, simak percakapan keduanya.


Budayawan Goenawan Mohamad marah karena disinggung soal dana bantuan sosial dari Pemerintah Provinsi DKI selama dua tahun dan proyek puluhan miliar dengan kementerian pendidikan dan kebudayaan, kata mantan staf khusus SBY Andi Arief lewat kicauannya di Twitter membalas twit Goenawan yang merespons twit SBY, sore ini.
[ads-post]
"Saya minta polisi periksa Dana bansos Salihara, Menurut saya ini menyakiti akal sehat," kata Andi Arief lewat akun @andiariefaa.

Melalui pesan singkatnya kepada Rimanews, Andi juga mengutarakan soal Bansos pemprov DKI ke Salihara. "Enggak pantas Salihara dapat Bansos," kata dia.

Kicauan Andi di mikroblogging 140 karakter hari ini menanggapi kicauan Goenawan Mohammad di Twitter beberapa menit sebelumnya yang mengomentari kicauan presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Lewat akun @gm_gm, pendiri dan pemilik majalah Tempo itu menulis: "Dengan hormat, fitnah dan hoax itu sudah menggila di Pilpres 2014, terutama terhadap @jokowi . Lewat "Obor Rakyat". Bisa cek ke Andi Arif. Terima Kasih,"

Andi menjawab kicauan Goenawan: "Memang @gm_gm ini buat berita hoax seolah Obor rakyat saya yang buat. Dia tahu pembuat itu dua mantan wartawan tempo terbaik, dididik dia."

Tabloid Obor Rakyat menjadi sorotan saat kampanye pemilihan Presiden 2014 karena memuat sejumlah berita yang dinilai menyudutkan Jokowi. Tahun lalu, pengelola Obor Rakyat, Setiyardi Budiono, divonis delapan bulan penjara oleh majelis hakim PN Jakarta Pusat karena dianggap mencemarkan nama baik dan penghinaan Jokowi.

Andi mengatakan, Setyardi merupakan mantan wartawan Tempo dan kawannya sejak SMA. "Saya membela pikirannya, soal Obor Rakyat dia sudah dewasa @gm_gm," cuit Andi.

Namun, Andi tidak akan menuntut Goenawan karena kicauannya. "Sekarang kita tahu @qm_gm biang hoax sesungguhnya soal Obor rakyat. Saya tidak akan menuntut, tapi publik perlu tahu, dia penyebar hoax," kata dia.

Kata Andi, tuduhan dirinya berada di belakang tabloid Obor Rakyat adalah perbuatan tercela Goenawan Mohammad. "Di usia senjanya. Saya menyesal dan Sedih melihat orang tua kekanak-kanakan," ujar dia.

Dia menegaskan, dia membela Pimred Obor Rakyat Setiyardi bukan soal berita Obor Rakyat. "Tapi kebebasan berpendapat, silakan saja yang tidak sepakat membuat tandingan @gm-gm," katanya.[rim]

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Pemeriksaan Sylviana Murni hari ini malah menimbulkan opini yang besar- pasalnya sylviana murni seakan akan menyelahkan Presiden Jokowi akan kasus dana hibah bansos pramuka dengan menyebut bahwa presiden Jokowi lah yang memberikan tanda tangan



Sylviana Murni menjalani pemeriksaan penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipikor) Bareskrim Polri selama tujuh jam setengah. Usai pemeriksaan, Sylviana mengatakan Joko Widodo (Jokowi) yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, mengetahui soal dana hibah Kwarda Pramuka DKI Jakarta tahun anggaran 2014-2015.
[ads-post]
Sylvi mengaku bahwa dana sebesar Rp 8,6 miliar tersebut adalah dana hibah bukan dana bansos Kwarda Pramuka DKI Jakarta tahun anggaran 2014-2015. Bahkan kata dia kebijakan atas mengalirnya dana tersebut juga diketahui oleh Jokowi yang pada masa itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Bukan dana bansos, tetapi ini adalah dana hibah sesuai dengan SK Gubernur Nomor 235 Tanggal 14 Februari 2014 yang ditandatangani pada saat itu Pak Jokowi," ujarnya Gedung Ombudsman, Jalan Rasuna Said, Jakarta (20/1).

Sylvi menjelaskan, dalam SK tersebut tertulis biaya operasional pengurus kuwarda DKI Jakarta dibebankan pada anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) melalui dana hibah. Sehingga sambungnya dana sebesar Rp 6,8 miliar bukan dana bansos melainkan hibah.

"Selanjutnya berapa dana yang diberikan ini Rp 6,8 miliar dan saya sudah lakukan dengan teman-teman pengurus kuwarda, jelas ini untuk kegiatan 2013-2014," jelasnya.

Sylvi juga mengklaim bahwa hasil kegiatan dan anggaran yang dikeluarkan sudah diaudit oleh auditor independen. Dia tidak mengatakan nama badan auditor tersebut namun menegaskan bahwa sudah terdaftar.

"Dari hasil kegiatan kita pada 2014 disini jelas bahwa sudah ada audior independen jadi saya sudah punya auditor independen akuntan publik terdaftar. Yang kegiatan ini semua adalah wajar. Laporan audit atas keuangan gerakan Pramuka kwartil daerah 2014 telah kami audit, dengan no laporan sekian," ujar calon wakil gubernur DKI Jakarta 2017 itu.[rep]

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Dampak dari konflik GMBI yang menghajar habis habisan FPI kemarin di kota badung tampaknya sang jawara bekasi langsung ingin mengadu dan jajal kekuatan GMBI, entah dalam rangka apa tapi yang jelas tantangan ini dikeluarkan dan diumumkan


Konflik antara LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) dengan Front Pembela Islam (FPI) di Kota Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu merembet ke kota-kota lain. Puluhan orang yang mengatasnamakan Persatuan Jawara Bekasi pimpinan Damin Sada mendatangi Mapolres Metro Bekasi Kota, Jumat (20/1).
[ads-post]
Jawara Bekasi datang ke Polres Metro Bekasi Kota untuk mengonfirmasi terkait isu yang beredar bahwa mereka akan menantang LSM GMBI untuk duel terbuka di Alun-Alun Kota Bekasi. Polisi kemudian berusaha melakukan mediasi dengan massa pimpinan Damin Sada ini.

Mediasi dilakukan di Ruang Kasat Intel Polres Metro Bekasi Kota, Jumat (20/1), sekitar pukul 13.30 WIB ditemui oleh Kabag Ops, Kasat Reskrim, dan Kasat Intel Polres Metro Bekasi Kota. Hasilnya, pihak kepolisian berjanji akan mempertemukan dan membantu mediasi dengan LSM GMBI.

Koordinator Jawara Bekasi, Damin Sada mengatakan, GMBI harusnya tidak perlu ikut campur dengan mengirim massa ke Polda Jawa Barar dalam pemeriksaan Ketua FPI Habib Rizieq Shihab. Tantangan duel ini masih merupakan buntut dari bentrokan antara FPI dan GMBI di Bandung, yang dia sebut juga melibatkan orang dari Bekasi.

"Kami pun sebenarnya dari sepekan yang lalu sudah menghubungi Ketua GMBI Kota/Kab Bekasi, tapi tidak pernah mau terima sms, dicari tidak ada. Jadi persoalan saya bukan langsung mau berantem... Kalau memang dia tidak mau kompromi, tidak mau musyawarah dengan kami, ya kami tantangin," kata Damin Sada, usai mediasi, Jumat (20/1).

Damin Sada mengatakan, Jawara Bekasi sudah berusaha menemui dan mengajak musyawarah LSM GMBI, namun tidak ada tanggapan. Karena itu, Jawara Bekasi menantang GMBI untuk duel satu lawan satu secara terbuka di Alun-Alun Kota Bekasi. Syaratnya, tidak ada yang akan menuntut balas apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Mediasi berlangsung sekitar setengah jam, selanjutnya massa dari Jawara Bekasi membubarkan diri secara tertib.[rep]

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™
#SBYGUNDAH
Twitter presiden ke-6 Indonesia SBY tampaknya menimbulkan berbagai tanggapan dari berbagai pihak, pasalnya twit yang muncul adalah twit dari sang SBY sendiri, nah simak bagaimana twit sang mantan presiden tentang Hoax ini justru menjadi bumerang



Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono merasa gundah akibat berita hoax yang merajalela. PAN menyebut persoalan hoax saat ini telah melampaui batas.
[ads-post]
"Masalah hoax dan juru fitnah ini memang layak menjadi perhatian seluruh masyarakat karena telah melampaui batas," ujar Sekjen PAN Eddy Soeparno melalui pesan singkat, Jumat (20/1/2017).

Eddy mengatakan masyarakat mengharapkan tindakan tegas dari pemerintah terhadap penyebar hoax. Dia berharap segala informasi di media sosial mengedepankan kebenaran.

"Saat ini publik mengharapkan tindakan hukum yang tegas terhadap penyebar hoax serta berharap diskusi dan informasi yang mengalir di medsos berpegang pada kejujuran, kebenaran, dan tata krama," imbuhnya.

Sebelumnya, SBY menyampaikan kegundahannya atas kondisi negara saat ini. Lewat Twitter, SBY mengaku heran atas maraknya berita hoax.

"Ya Allah, Tuhan YME. Negara kok jadi begini. Juru fitnah dan penyebar 'hoax' berkuasa dan merajalela. Kapan rakyat dan yang lemah menang? *SBY*," kata SBY lewat akun Twitter @SBYudhoyono, Jumat (20/1).

Terkait berita hoax, Presiden Joko Widodo pernah melakukan rapat terbatas membahas antisipasi perkembangan media sosial. Jokowi ingin mengevaluasi media daring (online) yang kerap membuat berita hoax dan cenderung provokatif.

"Kita harus evaluasi media online yang sengaja memproduksi berita bohong, tanpa sumber yang jelas, dengan judul provokatif, mengandung fitnah," kata Jokowi saat membuka rapat di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (29/12/2016).[dtk]

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Mantab semakin banyak yang mendukung dan dipastikan akan melaporkan perbuatan rizieq yang telah membuat resah masyarakat saat ini, kali ini datang dari politisi PDIP yang datang tanpa suruhan atau datang berdasarkan niat pribadi, dirinya meminta dan menulis surat untuk kapolda metro agar segera menangkap habib rizieq karena membuat resah masyarakat dan telah banyak melakukan provokasi, selain itu dirinya juga akan melaporkan rizieq dalam waktu dekat 


Anggota Komisi II DPR RI, Henry Yosodiningrat, mendatangi Polda Metro Jaya. Henry meminta Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan menangkap dan memenjarakan imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab.
[ads-post]
Sebelum menyambangi Polda Metro Jaya, Henry terlebih dahulu melawat ke Mabes Polri. Di Polda Metro, dia ditemui Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.

"Inti dari surat (yang disampaikan ke Kapolda) itu adalah saya meminta perhatian dari institusi Polri agar tidak ragu-ragu untuk segera melakukan penangkapan dan penahanan terhadap Saudara Rizieq Syihab alias Habib Rizieq," ujar Henry kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Henry mengatakan kedatangannya ke Polda Metro Jaya dalam kapasitas sebagai anggota DPR RI dan tidak mewakili partai ataupun fraksinya. Sebagai anggota DPR, ia merasa berkewajiban menjalankan hak konstitusinya.

"Yakni mengutamakan mengedepankan kepentingan masyarakat untuk keutuhan NKRI, kemudian menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat, itu salah satu kewajiban konstitusi," kata dia.

Untuk itu, sebagai wakil rakyat, ia meminta polisi segera menindak tegas Rizieq. Menurut Henry, Rizieq sudah banyak dilaporkan oleh berbagai kelompok masyarakat ataupun perseorangan.

"Yang pada pokoknya, diduga telah melakukan berbagai kejahatan," imbuh Henry.

Sebab, menurut Henry, setelah dilaporkan oleh berbagai pihak, Rizieq justru cenderung mengulangi perbuatannya. "Kemudian perbuatan yang disangkakan ini setelah saya teliti, diancam dengan pidana lima tahun, bahkan lebih, dan terjadi pengukangan terhadap perbuatan," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Rizieq juga dinilai memprovokasi dan menebar kebencian, "Sehingga mengakibatkan berbagai keluhan dari berbagai masyarakat dan menimbulkan keresahan di tengah masyarakat."

Ia juga menilai ucapan Rizieq di berbagai kesempatan itu menimbulkan perpecahan kerukunan antarumat beragama. "Sehingga mengancam persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yang akibatnya bisa menimbulkan runtuhnya NKRI," kata dia.

Selain itu, dia menilai polisi sudah memiliki bukti yang cukup untuk mentersangkakan Rizieq dalam kasus-kasus yang dilaporkan oleh masyarakat tersebut. Ia khawatir, apabila tidak segera ditangkap, Rizieq akan terus mengulangi perbuatannya.

"Sedangkan mengulang-ulangi perbuatannya itu dapat berpotensi semakin menimbulkan perpecahan. Oleh karena itu, saya meminta perhatian institusi Polri untuk tidak ragu-ragu, demi NKRI, demi Pancasila," tandasnya.

Henry mengaku tidak takut terhadap tekanan yang akan ditujukan kepadanya terkait dengan pernyataannya ini.

"Selanjutnya saya tahu bahwa--sebagaimana kita ketahui salah satu kepandaian Saudara Rizieq itu mengkafirkan orang, mem-PKI-kan orang--mungkin saya akan dikatakan kafir setelah ini, akibat dari yang saya lakukan hari ini. Silakan saya dikafirkan, Allah SWT yang tahu keislaman saya. Yang kedua, mungkin saya akan dikatakan PKI, silakan saja," imbuh dia.

Ia mengatakan dirinya dilahirkan ibunya yang merupakan pejuang veteran. Ayahnya juga pejuang dan seorang tentara rakyat. "Berarti saya bukan PKI. Untuk lebih jelasnya, kalau mau tahu asal-usul saya, silakan cari di Lampung, saya orang Lampung," imbuhnya.

Rizieq ataupun FPI belum berkomentar mengenai pernyataan Henry ini. [dtk]

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

usai dipanggil kepolisian dan diperiksa selama kurang lebih 7 jam ini penjelasan Sylviana Murni yang cukup membuat heboh, yaitu didrinya malah sebut polisi salah usut kasusnya, lho kok bisa, baca penjelasan mpok sylvi berikut ini



Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta dari no urut 1, Sylviana Murni, Jumat sore tadi selesai menjalani pemeriksaan tim Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri. Sylvi diperiksa mengenai dugaan korupsi pengelolaan dana bansos Pemprov DKI Jakarta di Kwarda gerakan pramuka DKI tahun anggaran 2014-2015.
[ads-post]
Usai diperiksa sekitar tujuh jam, Sylvi mengungkapkan bahwa pemeriksaan tersebut terdapat kekeliruan cukup fatal, karena menyangkut perkara yang disidik Polri.

"Benar, kalau dalam surat yang dipanggil itu nama saya, tetapi ada kekeliruan di sana. Surat panggilan saya kan harus menjelaskan pengelolaan dana bansos Pemprov DKI Jakarta. Padahal ini bukan dana bansos, tetapi hibah," kata Sylvi di kantor Ombudsman, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Sylvi menjelaskan, berdasarkan SK Gubernur Nomor 235 Tahun 2014, yang kala itu dijabat Joko Widodo, menyebut bahwa pengurus Kwarda gerakan pramuka DKI Jakarta itu dibebankan kepada APBD melalui belanja hibah.

"Bukan bansos. Tapi hibah," tegas Sylvi.

Kemudian, lanjut Sylvi, dari dana yang diberikan senilai Rp6,8 miliar, itu telah dikelola sesuai jalur hukum dan amanat yang diberikan. Karena itu, ia memastikan tak ada masalah dengan penggunaannya.

"Dan hasil laporan audit atas lapiran keuangan gerakan kwarda pramuka 2014 telah kami audit pada 22 Juni 2015 dengan pendapat wajar," kata mantan Ketua Kwarda Pramuka DKI Jakarta itu. (viva)

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Entah ada apa dengan negara Indonesia, melihat MUI kunjungi Israel tampaknya membuat gerah para netizen, entah netizen marah atas presiden Israel atau marah kepada MUI tapi yang jelas banyak sekali komentar komentar miring atas tragedi datangnya MUI ke Israel yang jelas jelas ditulis dalam status presiden Israel bahwa mereka ingin membuktikan mereka tidak benci Islam seperti yang dituduhkan kepada negara itu.



Sebuah foto yang memperlihatkan Ketua Komisi Perempuan dan Keluarga MUI, Istibsyaroh sedang berfoto bersama Presiden Israel, Reuven Rivlin menghebohkan pengguna twitter Indonesia.
[ads-post]
Dalam foto tersebut terlihat Istibsyaroh tampak duduk di kursi bersama Reuven, sementara tujuh orang berdiri di belakang mereka.

Tak tanggung-tanggung, foto itu diunggah langsung oleh Reuven dalam akun twitternya, @PresidentRuvi pada Rabu (18/1/2017).

"Speaking with Muslim leaders from #Indonesia. #Israel has no war with #Islam. Indeed, we are not doomed to live together, it is our destinty," begitu tulis Rueven menyertai foto tersebut.

Tak pelak, foto itupun langsung menjadi perbincangan diantara pengguna twitter di tanah air.

Banyak yang bereaksi keras dengan mengkritik kunjungan tersebut.

Bukan tanpa alasan, karena selama ini MUI dikenal sebagai lembaga yang cukup vokal menyuarakan dukungannya terhadap Palestina atas aksi Israel.

@4bdoelmu1n @PresidentRuvi They're not our muslim leaders !!!!

@mizyal @PresidentRuvi they are not even our leaders... -_-

@Sohibulmuslim @PresidentRuvi they are not indonesia muslim leader. They do not represent us as Muslims from Indonesia. #vivapalestine

@masinusina Betul perwakilan MUI ke Israel,pakyai @cholilnafis? Kok tidak sensitif sekali dgn pembantaian rakyat Palestina?

@arisarifriadi @gm_gm mau tanya ..apakah ini tidak menodai umat muslim di indonesia?

@SyafeiMochamad @gm_gm @albaladco gile beneeeeeeer. Gimana rasanya para pemuja mui?

Namun ada juga netizen yang menanggapinya dengan santai:

@TJINHAN @habibthink nah kalo gitu kan enak di liat. Akur damai.

@junud_irsan @gm_gm @albaladco kalo saya sih gpp, kan MUI tuh ormas, tidak mewakili negara n tidak mewakili umat Islam Ind jg,

@Galaxi552 @gm_gm @albaladco bersilaturahmi knp ngga boleh ya, siapa tahu bisa membantu menebarkan kedamaian

@atiklatifah1 @gm_gm @PartaiSocmed @albaladco Andai yg berangkat dari pihak pemerintah pasti dah pada ribut semua

Penuhi Undangan AIJAC

Dilansir dari fanpage resmi Israel Ministri of Foreign Affairs, pertemuan itu berlangsung pada Rabu (18/1/2017).

Istibsyaroh mengunjungi Israel atas inisiatif Australia/Israel and Jewish Affairs Council (AIJAC).

Lewat keterangan juru bicara presiden, Reuven secara hangat menerima delegasi itu.

Dia menjelaskan kepada Istibsyaroh bahwa demokrasi di Israel bukan hanya untuk Yahudi, melainkan untuk semua orang.

"Kami tidak punya perang dengan Islam. Sayangnya, ada orang yang menolak ide Negara Israel itu sendiri, seperti Iran, Hezbollah, Hamas, secara keras dan jelas bahwa tak ada jalan untuk mengakui Israel, dari kacamata Pan-Islamisme," tutur Rivlin.

MUI Akui Ada Anggotanya ke Israel

Dikutip dari Kompas.com, Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia Nadjamuddin Ramli mengakui, salah satu anggota MUI ada yang berkunjung dan bertemu dengan Presiden Israel Reuven Rivlin.

Ia adalah anggota Komisi Pemberdayaan Perempuan, Remaja, dan Keluarga MUI Istibsyaroh.

"Beliau belum jadi ketua, masih anggota. Masih diusulkan jadi Ketua Komisi Pemberdayaan Perempuan MUI," kata Nadjamuddin, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (20/1/2017).

Nadjamuddin mengatakan, keberangkatan Istibsyaroh ke Israel adalah atas nama pribadi, bukan mewakili MUI.[trib]


πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Disela sela musih kampanyenya Ahok menyempatkan diri untuk berbagi dengan sesama yaitu dengan mengelar aksi bagi bagi sembako di wilayah blok-s, namun dalam aksinya kali ini dia tidaklah sendiri tapi dirinya langsung bersama dengan ketua umum GOLKAR Setyo Novanto

Calon gubernur Jakarta petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menghadiri acara bertema Syukuran Jakarta: Raga Perkasa - Rasa Bahagia - Jiwa Badja yang diadakan Partai Golkar di Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (20/1/2017).



Ahok tiba di lokasi pukul 16.15 WIB. Ahok mengenakan kemeja kotak-kotak, didampingi Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono, dan Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Fayakhun Andriadi.

Selanjutnya, Ahok dan Novanto menuju ke stand sembako. Kemudian, mereka membagi-bagikan sembako kepada warga yang hadir.
[ads-post]
Satu paket sembako terdiri dari beras, mie instant, dan minyak goreng.

Sekretaris tim suskes Ahok- Djarot Saiful Hidayat, Ace Hasan Syadzily, mengatakan acara ini digelar Partai Golkar DKI Jakarta sebagai bagian dari bhakti sosial kepada masyarakat.

"Kedua, ajang Golkar mensosialiasikan Ahok-Djarot dengan berinteraksi langsung dengan warga. Kita secara perlahan-lahan kampanye Ahok-Djarot," ujar Ace.

Sembako diberikan secara gratis kepada warga yang telah mendapatkan kupon dari penyelenggara acara.

Pilkada Jakarta akan diselenggarakan pada 15 Februari 2017. Saat ini, masih masanya kampanye, yang sudah dimulai sejak 28 Oktober 2016 dan akan berakhir pada 11 Februari 2017.

Tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur mengikuti bursa pilkada. Pertama, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni yang diusung Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN. Kedua, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang mendapat dukungan dari PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Hanura dan Partai Nasdem.

Ketiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang diusung Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera.[sua]

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Tampilnya nama Rizieq menjadi saksi dalam kasus penodaan agama ahok tampaknya mendapatkan perlawanan keras, pasalnya selain diragukan kredibilitasnya oleh kuasa hukum ahok, kini muncul juga anggapan pedas tentang mengapa hal itu tidak boleh terjadi, ditambah lagi dengan kasus yang mengusik Habib Rizieq sendiri



Pakar hukum Petrus Selestinus mendesak jaksa penuntut umum mendiskualifikasi pimpinan Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab dari daftar saksi ahli untuk kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
[ads-post]
Pasalnya, kata Petrus, Rizieq berkali-kali melontarkan pernyataan terbuka dengan menyebut Ahok penista agama dan hal ini bisa menimbulkan lahir konflik kepentingan dalam diri Rizieq saat memberikan pendapat di persidangan yang akan datang.

"Selain itu, seandainya saudara Rizieq Shihab dinyatakan sebagai tersangka dalam beberapa kasus yang dilaporkan saat ini, maka subyektivitas sebagai ahli akan semakin tinggi, sementara obyektivitas, netralitas dan imparsialitas yang dituntut dari seorang ahli untuk didengar pendapatnya sebagai ahli sulit diperoleh, terlebih-lebih untuk kepentingan jaksa, terdakwa dan majelis hakim," kata Petrus, Jumat (20/1/2017).

Dengan kondisi dan posisi Rizieq seperti itu, menurut Petrus sudah ada alasan hukum, bukan saja bagi majelis hakim, tetapi juga bagi Ahok maupun pengacara untuk menolak kehadirannya sebagai ahli.

Petrus menambahkan ketua tim pengacara Ahok, Sirra Prayuna, atau Ahok sendiri dapat meminta jaksa dan majelis hakim untuk mendiskualifikasi kedudukan Rizieq karena alasan netralitas, imparsialitas, dan obyektifitas.

"Antara lain, Rizieq Shihab adalah pimpinan FPI yang beberapa anggotanya bertindak sebagai Pelapor kasus pidana penistaan agama ini. Rizieq juga sering mengeluarkan pernyataan secara terbuka ke publik bahwa Ahok telah bersalah dan harus ditangkap, ditahan dan dipenjara. Dan dia juga sering memperlihatkan sikap subyektif terhadap Ahok, terutama mengenai soal-soal yang mengarah kepada SARA, serta sering memperlihatkan sikap yang berpotensi menimbulkan rasa permusuhan tidak saja kepada Ahok akan tetapi terhadap umat beragama lainnya," katanya.

Jika majelis hakim tetap ingin mendengarkan pendapat Rizieq sebagai ahli agama sesuai berita acara pemeriksaan dengan kualifikasi yang dikatakannya, maka keterangannya harus dikesampingkan atau tidak dijadikan pertimbangan hukum dalam memutus perkara Ahok.

Pernyataan Rizieq, katanya, bisa dijadikan pertimbangan hukum, tetapi pertimbangannya harus digunakan demi menguntungkan posisi rasa keadilan publik.

"Inilah yang harus diwaspadai oleh tim Penasehat Hukum Ahok dan Ahok sendiri, mengingat dari sejak pemeriksaan saksi fakta hingga akan mendengarkan pendapat ahli dari Rizieq Shihab, terdapat upaya keras dari Jaksa Penuntut Umum untuk mengkapitalisasi dan mengeksploitasi keterangan saksi-saksi de audit atau saksi yang tidak memiliki pengetahuan langsung dengan peristiwa pidana yang didakwakan kepada Ahok, namun tetap diperiksa hanya untuk memenuhi syarat formil kebutuhan pembuktian bahwa JPU memiliki alat bukti yang cukup yaitu saksi-saksi fakta, ahli, petunjuk dan lain-lain," kata Petrus.

Padahal dengan kualifikasi saksi yang demikian, kata Petrus, menurut hukum, tidak mempunyai kekuatan pembuktian yang mengikat. Tetapi dalam praktik peradilan pidana, jaksa dan majelis hakim kadang-kadang membiarkan saksi-saksi fakta atau ahli berbohong ketika memberi keterangan dalam persidangan meskipun telah disumpah.

"Padahal ketika Majelis Hakim hendak mendengarkan keterangan seorang saksi atau ahli, maka menjadi kewajiban Majelis Hakim untuk mengingatkan saksi dan/atau ahli agar tidak berbohong dalam memberi keterangan karena ketika ia sudah disumpah, maka ada konsekuensi dikenakan tindak pidana sumpah palsu," kata dia.

Menurut Petrus di balik itu sebenarnya ada hal yang lebih penting yaitu bagaimana majelis hakim dapat menilai kejujuran dan kebenaran keterangan atau pendapat yang diberikan dalam persidangan seandainya Rizieq tetap dihadirkan.

Terdapat tiga parameter untuk mengukur kejujuran saksi atau ahli dalam memberikan keterangan dalam sidang, yaitu cara hidup saksi atau kesusilaan saksi serta segala sesuatu yang pada umumnya dapat mempengaruhi kepercayaan terhadap keterangan saksi seperti cara hidudnya, Kehidupan kesusilaan saksi, dan segala sesuatu yang pada umumnya dapat mempengaruhi kebenaran keterangan saksi.

"Misalnya bagaimana cara mencari nafkah, pendidikannya, hubungan sosial, kedudukan sosial dalam masyarakat, kebiasaan atau hobi dan lain-lain. Terlebih-lebih kalau menjadi tersangka dalam beberapa kasus pidana berdasarkan laporan masyarakat," kata Petrus.[sua]

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Tampaknya Novel Bamukmin yang terkenal lewat Fitsa hatsnya langsugn meminta perlindungan ketika dirinya mendengarkan telah dilaporkan oleh pengacara Ahok ke bareskrim atas kesaksianya yang dianggap palsu oleh tim pengacara ahok, nah simak ini betapa mengelikannya novel Bamukmin meminta perlindungan dan pertolongan ke lembaga perlindungan saksi dan korban



Sekjen Front Pembela Islam (FPI) Jakarta Novel Chaidir Hasan berencana mengajukan permohonan perlindungan kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) terkait laporan terhadap dirinya yang dibuat pihak Basuki Tjahaja Purnama.
[ads-post]
Novel dilaporkan pihak Basuki ke polisi atas dugaan kesaksian palsu.

"Itu intimidasi daripada bentuk pelapor jadi mundur dan itu kami semua dilindungi LPSK. Kami siapkan permohonan perlindungan," kata Novel ketika dihubungi, Kamis (19/1/2017).

Novel mengatakan, sebagai saksi, ia fokus kepada terdakwa, yaitu Ahok. Novel mengatakan, laporan Ahok ke polisi terhadap dirinya itu tidak penting.

"Nanti kita lihat saja prosesnya bagaimana, yang pasti bukan hal yang penting buat kami. Bukan hal yang penting di pengadilan karena yang ditanyakan proses pelaporan itu sendiri," ujar Novel.

Adapun Novel telah dilaporkan oleh tim kuasa hukum Ahok ke polisi terkait kesaksiannya pada persidangan kasus dugaan penodaan agama dengan Basuki sebagai terdakwa, Selasa (3/1/2017).

Dalam sidang itu, Novel disebut memfitnah Basuki dengan mengatakan bahwa Basuki membunuh kedua anak buahnya dan merekayasa kasus hingga menyebabkan Novel dipenjara.

Dalam laporannya, kuasa hukum Basuki menyertakan bukti berupa rekaman sidang, transkrip dari rekaman itu, dan berita-berita yang disampaikan Novel.

Setelah Novel, kuasa hukum Ahok selanjutnya akan melaporkan Irena Handono, Muchsin, dan Willyuddin Dhani.[kmp]

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Tampaknya kasus yang menerpa pasangan AHY membuat AHY dan Roysuryo gerah dan ngotot mati matian membela Sylvia murni yang saat ini sedang bergelut dengan 2 dugaan korupsi, yaitu korupsi dana masjid dan korupsi dana bansos pramuka, nah simak pembelaan dari 2 orang yang tentu saja sangat dekat dengan Sylvia Murni ini



Kasus hukum kembali menyeret nama Calon Wakil Gubernur DKI nomor urut 1Sylviana Murni. Kali ini, terkait dugaan kasus korupsi pada Pengelolaan Dana Bantuan Sosial Pemprov DKI Jakarta di Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DKI Jakarta tahun anggaran 2014 dan 2015.

Sebelumnya, nama Sylviana juga terseret dalam penyelidikan kasus dugaan korupsi pembangunan masjid Al-Fauz di kantor Wali Kota Jakarta Pusat. Pembangunan masjid mewah seluas 500 m2 ini menggunakan APBD 2010 dan 2011 dengan total nilai Rp 32,5 miliar.

Calon gubernur (cagub) DKI Jakarta nomor urut satu Agus Harimurti Yudhoyono pun menyayangkan tindakan-tindakan yang berupaya memojokkannya bersama Sylviana. Agus melihat upaya itu kental dengan unsur politik untuk menjatuhkannya dan Sylvi jelang pencoblosan pemilihan gubernur (pilgub) DKI Jakarta pada Februari 2017.

"Inilah yang memang sangat saya sayangkan. Rasa-rasanya aroma politiknya terlalu tinggi, mencari-cari sesuatu yang tidak ada," ungkapnya kepada awak media.


Dia mengaku sudah bicara dengan Sylvi mengenai dua kasus yang diduga melibatkan mantan Wali Kota Jakarta pusat itu. Sylvi menegaskan tidak pernah melanggar aturan yang ada. Karena itu Agus semakin yakin ada upaya lawan politiknya yang mencoba menjatuhkannya dan Sylvi dengan mencari kesalahan yang sebenarnya tidak terjadi.

"Tentu kami menyayangkan ada upaya-upaya dari pihak-pihak tertentu untuk mendiskreditkan, memojokkan, mendegradasi kami, saya dan Mpok Sylvi paslon nomor satu di Pilgub DKI Jakarta ini dengan seolah-olah menimbulkan atau mencari kesalahan yang tidak terjadi," imbuhnya.

Disinggung soal pihak yang ingin menjatuhkannya, Agus enggan berkomentar. "Tidak mungkin saya ceritakan di sinilah. Tapi pasti ada pihak tertentu melakukan itu," kata dia.

Meski diterpa isu dugaan korupsi, baik Sylvi maupun Agus tidak merasa terganggu. Keduanya tetap fokus bergerilya dan menemui warga Ibu Kota.

"Saya dan Mpok Sylvi dengan hati terbuka menyatakan kami sangat tidak terganggu dengan upaya itu. Saya tetap fokus termasuk Mpok Sylvi tetap fokus," ujarnya.

Agus juga mengklaim kasus korupsi yang tengah diembuskan saat ini tidak mempengaruhi dukungan masyarakat terhadapnya dan Sylvi. Justru sebaliknya, Agus melihat persoalan ini semakin memperkuat dukungan warga Jakarta untuk pasangan yang diusung Partai Demokrat, PKB, PAN dan PPP ini.

"Masyarakat pun tidak terganggu dan tetap menanti kehadiran kami di lapangan dan itulah kekuatan kami. Semakin kami dicoba di cari-cari kesalahan sesungguhnya masyarakat semakin kuat untuk memberikan dukungan kepada kami," tutupnya.

Selain Agus, pembelaan pun datang dari Demokrat sebagai salah satu partai pengusung pasangan Agus-Sylvi. Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo menduga ada upaya kriminalisasi terhadap pasangan Agus Harimurti Yudhoyono itu. Roy menilai kasus-kasus yang menjerat mantan Wali kota Jakarta Pusat ini berkaitan dengan pencalonannya di Pilgub DKI 2017.


"Kami merasa ini ada upaya untuk dikriminalisasi, karena hal seperti itu tidak perlu di-blow up. Itu berlebihan dan apalagi di tengah-tengah pilkada," kata Roy.


Roy meminta agar kasus ini tidak dibesar-besarkan. Dia meyakini setelah Sylviana memberikan keterangan detil soal dugaan penyelewengan penggunaan dana bansos itu akan selesai.

"Saya yakin setelah memberikan penjelasan secara detail dari Sylviana Murni, maka akan selesai," klaimnya.

Mantan Menpora ini heran dengan upaya yang ingin menjatuhkan kredibilitas Sylviana itu sebelum tahap pencoblosan pemilihan gubernur (pilgub) DKI Jakarta pada Februari 2017. Sebab, Roy mengklaim Sylviana tidak melanggar aturan dalam pembangunan masjid Al-Fauz di bekas kantornya, muncul lagi kasus dugaan korupsi dana bansos Pramuka.

"Tidak ada hujan tidak ada angin, ketika kasus masjid tidak kena kemudian mencoba dicari kasus lain. Saya yakin ini tidak ada apa-apa, padahal ini masih dalam tahap penyelidikan," tegasnya.

Sementara itu, Kepolisian Republik Indonesia membantah terhadap Sylviana Murni bernuansa politis. Terlebih, pemanggilan itu dikaitkan dengan pertarungan Sylviana di Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Enggak ada," tegas Kabagpenum Divhumas Mabes Polri Kombes Martinus Sitompul.

Martinus mengatakan pemanggilan Sylvi merupakan sikap Polri menindaklanjut laporan masuk dari masyarakat. Apalagi, polisi memiliki kewajiban memproses laporan yang masuk dari masyarakat.

"Bagi masyarakat yang melapor tentu kami terima dan yang bisa kami tindaklanjuti," ucap dia.[mdk]

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Begitu cepat, itulah yang terjadi dengan kasus munarman Sang Jubir FPI yang kini status kasusnya naik ketingkat penyidikan, persis sama dengan 2 kasus habib rizieq,ngak jubir ngak ketua umum sama sama berlomba lomba, lomba 2 polda ?? simak informasinya



Kepolisian Daerah (Polda) Bali menaikkan kasus dugaan fitnah yang dilakukan Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI) Munarman dari penyelidikan ke penyidikan. Hal tersebut diungkapkan Direktur Kriminal Khusus Polda Bali Kombes Pol Kenedy, Kamis (19/1).
[ads-post]
Dia mengatakan, pihaknya sudah gelar perkara terkait kasus Munarman dengan Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R Golose.

"Tadi pagi kita sudah gelar perkara dengan bapak Kapolda Bali, status kasus ini sudah naik dari penyelidikan ke penyidikan," kata Kenedy.

Dia menjelaskan, selain statusnya yang meningkat, polisi juga sudah memeriksa saksi-saksi ahli.

"Hari ini ada saksi ahli yang kami periksa. Ada ahli pindana, ahli bahasa dan ITE," paparnya.

Munarman dilaporkan oleh elemen masyarakat lintas agama karena dianggap telah memfitnah pecalang. Dalam video yang berdurasi 1 jam 24 menit ini, Munarman mengatakan pecalang telah melarang orang muslim salat Jumat, dan petugas keamanan ada itu melempari rumah warga beragama Islam.

Polisi juga sudah memeriksa ketua pecalang yang ada di Bali. "Kami sudah periksa ketua pecalang juga," tutupnya.[mdk]

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Pertemuan Antara Ahok Dan Sabina kemarin memang membuat heboh dunia maya, pasalnya banyak pendukung dan bahkan para pengguna media sosial trenyuh melihat kedekatan antara mereka berdua.



Calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sengaja mengosongkan waktunya dan tak berkampanye pada Kamis (19/1/2017) pagi untuk menjenguk Sabina.

Sabina adalah anak berusia lima tahun yang menderita penyakit leukimia tipe all di Tangerang Selatan. Momen pertemuan antara Ahok dengan Sabina diunggah dalam sebuah video oleh akun Youtube, TyoJB All About Jokowi Ahok.
[ads-post]
Video berdurasi sekitar 1 menit itu berjudul "Ahok menjenguk Sabina, Anak Kecil yang Menderita Sakit Leukimia di Tangsel".

Ahok sengaja tidak memberi tahu rencana kegiatannya menjenguk Sabina kepada wartawan. Berdasarkan video tersebut, Ahok terlihat memangku bocah yang tengah berjuang melawan leukimia selama satu setengah tahun ini.

Kemudian, Ahok terlihat bermain-main dan bercengkerama dengan Sabina. Pada bagian akhir video, terlihat yang hadir berdoa bersama, dipimpin oleh Sabina yang memeluk boneka.

"Doain Om Ahok ya, semoga Om Ahok kuat. Sehingga bisa membuat Bina kuat juga," kata Sabina mendoakan Ahok.

"Aamiin..." ucap mereka bersama.

Dari keterangan foto Instagram yang beredar, orangtua Sabina, Sando dan Leyti, menyebut anaknya mengidolakan Ahok. Sabina berkali-kali meminta orangtuanya agar mempertemukan dirinya dengan Ahok.

Hanya saja, kondisi kesehatan Sabina tidak memungkinkan untuk dibawa ke tempat keramaian dan menemui Ahok. Pada akhirnya, orangtua Sabina memberanikan diri untuk mengundang Ahok ke kediaman mereka di Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan. Pertemuan antara Ahok dan Sabina berlangsung selama 30 menit.

"Iya (jenguk Sabina). Di Tangsel tadi pagi," ujar Ahok saat dihubungi, Kamis malam.[KMP] [youtube src="gio0h1hCUWs"/]

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Terkait dengan kasus dugaan korupsi dana hibah pramuka, sylviana akhirnya datangi kepolisian dan penuhi panggilan



Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut satu Sylviana Murni memenuhi panggilan Direktorat Tindak Pidana Korupsi Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, yang berlokasi di Gedung Ombudsman Republik Indonesia.
[ads-post]
Sylviana dipanggil sebagai saksi kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial bagi Kwarda Pramuka DKI Jakarta.

Menurut pengamatan Suara.com, Sylvi datang sekitar pukul 07.53 mengenakan pakaian serba biru dongker.

Saat tiba di Gedung Ombudsman, Sylviana tak banyak berkomentar.

Ia mengaku tak memiliki persiapan saat memenuhi panggilan Bareskrim. Namun ia menuturkan dirinya datang sebagai warga negara yang baik.

"Biasa saja, sebagai warga negara yang baik," ujar Sylvi yang langsung masuk menuju gedung Ombudsman, Jalan H.R.Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (20/1/2017).

Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri Kombes Erwanto Kurniadi mengatakan Sylviana akan dimintai keterangan sebagai saksi.

Menurut dia pemeriksaan Sylviana sesuai Nomor: 8/PK-86/I/2017/Tipidkor tanggal 18 Januari 2017 perihal permintaan keterangan dan dokumen yang ditandatangani oleh Direktur Tindak Pidana Korupsi Polri Brigjen Akhmad Wiyagus.

Bareskrim sendiri mulai menyelidiki kasus ini sejak awal Januari 2017 berdasarkan Surat Perintah Penyelidikan Nomor: Sprin.lidik/04/I/2017/Tipidkor tanggal 6 Januari 2017 sesuai Laporan Informasi Nomor: LI/46/XI/2016/Tipidkor tanggal 24 November 2016.[sua]

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Sebuah ulasan yang cukup menarik melihat fenomena 3 akun fpi yang disuspend bersamaan dan fenomena marahnya FPI kepada bos Twitter Indonesia


FPI vs. Twitter

Made Supriatma



FPI vs Twitter: Satu yang saya suka dari FPI adalah klaim-klaimnya. Dia mengklaim diri mewakili "umat Islam." Hal ini terutama muncul kalau dalam perasaan teraniaya. Dengan mencantolkan diri sebagai 'wakil umat Islam' FPI bebas bergerak dan berteriak apa saja. Ketika orang bereaksi, maka reaksi itu oleh FPI diarahkan sebagai reaksi "umat Islam."
[ads-post]
Permainan psikologis ini amat efektif. Bahkan tentara dan polisi tampaknya tunduk pada klaim ini. Juga partai-partai politik dan penguasa.

Anehnya, tidak ada usaha untuk menanggalkan klaim-klaim besar FPI tersebut. Mengapa? Disitulah politik bermain. FPI adalah proxy dari pertarungan politik para elit, baik sipil maupun militer.

Dengan bertingkahlaku demikian, FPI mampu menarik massa, khususnya di kalangan rakyat kecil. Ini juga hal lain yang saya sukai dari FPI. Dia mampu memompa harga diri orang-orang yang dulunya tidak pernah menjadi perhatian. Apalagi perhatian kelas menengah necis perkotaan.

Bayangkanlah jika Sodara pengangguran. Atau, tukang ojek pangkalan dengan sepeda motor kreditan. Siapakah yang akan memperhatikan Sodara di kampung atau lingkungan sekitar? Siapakah gadis yang akan melirik Sodara?

Dengan tiba-tiba, Sodara akan menjadi mahluk yang lain ketika Sodara mengenakan seragam putih-putih FPI. Semua orang akan kagum. Sodara akan kelihatan macho. Lelaki sejati, siap berperang, untuk membela agama. Apalagi dengan slogan 'Hidup mulia atau mati syahid.' Ini adalah puncak dari segala puncak heroisme dan kelelakian (machoisme).

Gadis-gadis yang dulunya melirik pun tidak, sekarang tiba-tiba menjadi ramah. Orangtua yang punya anak gadis mendadak mencari tahu siapa Sodara. Nilai Sodara, dahulunya setara dollar Zimbabwe, dengan tiba-tiba setara dengan dollar Amerika! Tanpa inflasi!

Saya kira, para elit FPI tahu persis kondisi psikologis dan sosiologis pengikutnya ini. FPI didirikan sebagai sesuatu yang bombastik! Tidak hanya dalam soal klaim. Juga dalam hal keduniaan. Jangan kira ketika mereka bicara surga, mereka lupa dunia (neraka boleh dilupakan -- kecuali untuk menakut-nakuti dan mengancam-ancam).

Itulah sebabnya para elit FPI sengaja tampil mewah dan boros. Mereka tidak tampil miskin, sederhana, atau kumal. Mereka harus tampil bersinar, megah (grandeur), dan macho. Itulah sebabnya mereka tampil dengan mobil-mobil yang berasosiasi dengan 'kemachoan': Hummer, Rubicon, Pajero Sports, dll. Mereka tidak suka tipe elegan para sosialita. Jelas sedan mewah seperti Mercedes Benz, BMW atau Lexus ttidak masuk hitungan. Mobil-mobil ini tidak macho.

Bombastik, super-besar, super-heroik, dan sanggup menggetarkan surga. Itulah FPI.

Nah, Sodara mungkin akan nyengir melihat poster ini. Dadalannya adalah karena akun-akun twitter FPI dibekukan. Pihak twitter sengaja melakukan itu karena FPI dianggap menyebar keonaran. Itulah yang memancing kemarahan FPI.

FPI membikin hastag 'boikot penistaagamaislam. Tentu Sodara tidak akan menghubungkan akun-akun twitter FPI dengan Islam bukan?

FPI menyerukan Aksi 271 -- aksi demonstrasi pada Jumat 27 Januari 2017 di depan kantor pusat Twitter di San Franscisco, Amerika Serikat. Wuihhh, FPI akan mendemo Twitter di Amerika Serikat? Tidak salah lagi. Iya. Benar!

Setidaknya itulah yang ada dalam poster ini. Lihatlah kata-kata ini, "Sudah saatnya ribuan umat FPI di mancanegara dan di Amerika Serikat untuk bangkit bersama. Jangan biarkan FPI sebagai ormas terbesar di negara Muslim terbesar dilecehkan oleh asing di dunia internasional" ! Bombastik bukan?

Hanya saja, ada tulisan kecil yang menjadi semacam disclaimer di bawah. "Diutamakan yang sudah memiliki paspor dan bersedia membayar paket aksi." Distulah kuncinya.

Seriuskan FPI akan mengadakan aksi di San Fransisco? Sulit untuk saya menjawabnya secara tegas. Akan tetapi saya tak hendak mempersoalkan keseriusan mereka. Yang lebih penting untuk dipersoalkan adalah untuk siapa poster ini?

Saya kira poster ini tidak ditujukan untuk Sodara-sodara para borjuis kinclong dan sosialita elegan. Poster ini ditujukan pada para anggota FPI sendiri. Merekalah yang perlu dibikin mongkog perasaannya. Merekalah yang memerlukan bombasme semacam ini.

Sekali lagi, bisakah Sodara bayangkan jika Sodara tukang ojek pangkalan dengan sepeda motor kreditan akan 'terwakili' mendemo perusahan raksasa di kantor pusatnya di San Fransisco, Amerika Serikat! Bisakah Sodara bayangkan bagaimana perasaan menggelembung Sodara?

Ini barangkali terlalu komikal untuk Sodara. Tetapi apa yang tidak komikal dalam FPI? Tataplah Novel Bamukmin yang dalam namanya sudah melekat Habib itu. Kurang komikal apa?

Para elit FPI tahu persis memainkan semua ini. Dengan bombastis mereka menggelembungkan rakyat-rakyat kecil yang sederhana ini dan membuat perasaan mereka terbang ke bulan.

Yang lebih paham lagi tentulah para elit yang menjadi FPI sebagai proxy mereka dalam bertarung untuk berebut kekuasaan.

Merekalah yang sesungguhnya memegang peniti. Ketika tidak diperlukan lagi, mereka menusuk gelembung ini. Maka dia akan kempes segera.

Yang bombastis itu pun kemudian menjadi komedi

 

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Saksi saksi yang telah hadir selama sidang memang dianggap tidak kredibel oleh tim pengacara Ahok, pasalnya banyak keterangan yang meragukan dan ada afiliasi politik tertentu yang membuat kesaksian para saksi dari sisi JPU dianggap tidak kredibel, nah bahkan saksi yang belum dihadirkanpun sudah dianggap dan dicap tidak kredibel oleh pengacara atau kuasa hukum Bhineka Tunggal Ika, sebut saja Habib Rizieq,


Humphrey Djemat salah satu kuasa hukum terdakwa kasus dugaan penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, mempertanyakan netralitas pimpinan Front Pembela Islam, Rizieq Shihab, yang rencananya dihadirkan dalam sidang penodaan agama sebagai saksi ahli.
[ads-post]
Padahal, lanjut Humphrey, saksi ahli seharusnya netral. Namun, di mata dia, Rizieq punya rekam jejak memusuhi Ahok.

"Oh iya harus netral (saksi ahli). Kalau Rizieq bagaimana bisa netral?" kata Humphrey dalam jumpa pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2017).


Dia menilai, jika Rizieq jadi saksi ahli agama, akan ada konflik kepentingan. "Ahli harus obyektif, ini pasti nanti jadi persoalan," ujar Humphrey.

Rencananya, tim kuasa hukum Ahok juga akan menghadirkan saksi ahli agama untuk mengimbangi kesaksian Rizieq nantinya.

"Pasti nanti kita hadirkan ahli agama. Ahli harus diadu dengan ahli. Ahli agama dengan ahli agama, ahli bahasa dengan ahli bahasa," ujar Humphrey.


Dari pihak Ahok, rencananya ada puluhan saksi yang dihadirkan selama proses persidangan. Namun, Humphrey tidak menyebut saksi-saksi yang akan dihadirkan.

Sementara itu, dari pihak JPU, ada 48 orang yang akan dihadirkan sebagai saksi[kmp]

πŸ™ RUMAHINJECT πŸ™

Masalah pemangilan dirinya terhadap kasus Bansos Pramuka Sylviana murni ternyata mengeluarkan komentar yang cukup yakin bahwa dirinya tidak tersangkut masalah ini, dan meminta kasus dan berita tentang hal ini tidak diperbesarkan, simak bagaimana komentar dan pernyataan serta permohonan dari paslon no urut 1 ini



Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan satu, Sylviana Murni, menilai pengelolaan dana bantuan sosial Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Kwarda Pramuka DKI Jakarta tahun anggaran 2014 dan 2015 seharusnya tidak dipermasalahkan.
[ads-post]
Sylviana khawatir hal itu bisa berdampak pada para pengurus Kwarda Pramuka DKI Jakarta.

"Jangan diperbesar. Kasihan teman-teman Pramuka yang sudah bekerja dengan ikhlas," kata Sylvi, saat ditemui di sela-sela kunjungannya ke permukiman warga di Jalan Pandan, Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (19/1/2017).


Polisi diketahui tengah membuka penyelidikan soal dugaan korupsi dalam pengelolaan dana bantuan sosial Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Kwarda Pramuka DKI Jakarta tahun anggaran 2014 dan 2015.

Sylviana terseret dalam kasus itu karena dia menjabat sebagai Ketua Kwarda Pramuka DKI Jakarta periode 2013-2018.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar mengatakan, penyelidikan dana bansos itu mengacu pada hasil audit keuangan yang dikeluarkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Namun, menurut Sylvi, penggunaan dana bansos dari Pemprov DKI sudah dilengkapi laporan pertanggungjawaban dan hasil audit dari auditor independen. Terlebih lagi, Sylvi menilai dana bansos yang diterima jumlahnya tak terlalu besar.

"Kami bahkan sedih juga ya karena di Kwarda teman-teman Pramuka ini sangat ikhlas. Bahkan bisa dibilang anggarannya segitu, tapi kegiatannya banyak. Mereka tidak digaji," ucap Sylvi.

Sylvi terlihat enggan menanggapi spekulasi mengenai motif pelaporan kasus tersebut yang diketahui baru dilakukan pada 26 November 2016, atau setelah dia berstatus sebagai cawagub peserta Pilkada DKI 2017.

Tapi kalaupun hal itu benar, Sylvi menyatakan sangat menyayangkan pihak yang melakukannya.

"Kalau sampai begitu, saya sedih juga. Padahal mereka berjuang. Pramuka ini kan pendidikan karakter, benar-benar character building. Ya mudah-mudahan kami bisa lewati ujian ini," kata Sylvi.[kmp]
SHARE ARTIKEL INI AGAR LEBIH BANYAK PEMBACA
ADS

Bagaimana pendapat anda setelah membaca artikel diatas, jangan lupa tinggalkan jejak dan tuliskan komentar yang relevan, ajak pula temanmu untuk membaca info ini dengan menggunakan tombol share yang ada!! Terima kasih sudah sempat datang.
NB : Mobile Version paling bagus dilihat di Google Chrome

tabsrecent(blogpost)/random,ISLAM,WORLD

About Me

My photo

FB Page - https://www.facebook.com/SUARANKRISEJATI/
Hallo perkenalkan nama saya adalah Zona Baca yang mana akun G+ ini saya buat untuk berkomunikasi dengan anda dan digunakan untuk memberikan informasi kepada Anda semua, jika anda kebetulan datang ke Halaman Profil ini, jangan sungkan tambahkan saya sebagai teman Anda, Meskipun nama ini tidak mencerminkan nama yang benar benar dari akta, tapi setidaknya anda dapat berkomunikasi dengan baik dengan saya, Jadi tunggu apa lagi , Jangan lupa add saya dan tambahkan kedalam lingkaran pertemanan anda  - Jangan lupa Pula kunjungi blog  ini - http://rumahinjectssh.blogspot.com  yang merupakan sarana saya dalam menyampaikan sebuah informasi dan juga sebagai sarana untuk mengisi waktu luang yang bisa bermanfaat, Tidak ada manusia sempurna tetapi saya akan selalu berusaha lebih baik lagi dalam merawat dan mengisi halaman-halaman ini. - Jangan lupa berikan informasi yang Anda baca kepada teman teman anda juga. Selamat Membaca - Karena Membaca Adalah Sumber Ilmu Yang Berharga.
Powered by Blogger.